2010 Fashion Icon

Yosephine ‘Obin’ Kumara : Tokoh Fashion Indonesia

Berawal pada akhir tahun ‘70-an, ia  menghidupkan kembali kecintaan masyarakat pada kain buatan tangan dengan menjajal kemampuannya membuat kain. Hingga ia berhasil menyabet first prize pada International Textile Design Contest yang diselenggarakan di Tokyo dengan mengusung kain ikat yang sepenuhnya hasil tenunan tangan.  Kecintaannya pada batik dan kain-kain tradisional Indonesia tidak hanya terungkap melalui untaian karyanya, ia juga memfasilitasi lebih dari 2.500 perajin terampil dari seluruh pelosok Nusantara demi menghasilkan untaian kain kontemporer tanpa harus keluar dari pakem tradisional.

Ninuk Pambudy Ikon Penulis Fesyen Indonesia

Saat halaman mode belum ramai menghiasi media di Indonesia, ia percaya bahwa dunia mode adalah sebuah industri kreatif yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Selama dua dekade lebih, ia membangun pemahaman ini secara perlahan tapi pasti, menguak geliat fashion Indonesia yang semakin signifikan lewat tulisan-tulisannya. Upaya panjang ini lantas berbuah manis pada tahun 2008, saat pemerintah akhirnya mencanangkan bidang mode ini sebagai salah satu dari 14 industri kreatif yang akan terus dikembangkan di Indonesia.

Christine Barki: Ikon Peritel Produk Perancang Mode Indonesia

Melalui Metro, salah satu department store terbesar di Indonesia, ia  berusaha mewadahi desainer busana asal negeri sendiri untuk tetap berkarya di industri mode Tanah Air. Kerja keras dan konsistensinya didasari pada keyakinan bahwa perancang Indonesia berpotensi besar merajai pasar dan memiliki keterampilan yang tak kalah dengan desainer luar.

Sign Up

Check The Latest Updates, Article & Schedule For JFFF!